Terjemahan

Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana (Q.S. Ali Iran [03]: 18)

Selasa, 23 Februari 2016

SILABUS DAN SAP FILSAFAT ILMU IAIH NW PANCOR



SILABUS DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP) FILSAFAT ILMU
IAIH NW PANCOR
FAKULTAS SYARI’AH PRODI HUKUM EKONOMI SYARI’AH (MUAMALAH)
 

1.       Identidikasi Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah                       : Filsafat Ilmu
Kode MK                                     : INS 012
Bobot SKS                                  : 2 (Dua) SKS
Semester                                    : 2 (Dua)
Kelompok Mata Kuliah                 : MK Pengembangan Kepribadian
Prodi                                           : Hukum Ekonomi Syari’ah
Dosen                                         : Latif Sya’roni, S.Sy,M.H.I
NIS                                            : 041 9602 151
                                                 
2.      Tujuan Mata Kuliah
Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan para mahasiswa mampu memahami dan memperluas wawasan tentang hakikat dan makna ilmu secara filosofis.

3.      Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Filsafat Ilmu merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam. Mata kuliah ini akan mengantarkan para mahasiswa untuk memahami ruang lingkup filsafat ilmu, tantangan dan masa depan ilmu, hakikat pengetahuan, kebenaran ilmiah, ontologi : hakikat ilmu, epistemologi : cara mendapatkan pengetahuan, aksiologi : nilai kegunaan ilmu, struktur ilmu pengetahuan, sarana ilmiah, moralitas ilmu pengetahuan, dan sejarah perkembangan ilmu.
Perkuliahan dilakukan dengan menggunakan strategi ekspositori dan Inkuiri dengan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Evaluasi keberhasilan mahasisiwa ditentukan melalui kehadiran dan partisipasi dalam setiap perkuliahan, ketepatan pengumpulan dan kualitas tugas, dan hasil UTS dan UAS.

4.      Pendekatan Pembelajaran
Strategi perkuliahan dilakukan dengan menggunakan strategi ekspositori dan Inquiry, dengan menggunakan multi metode, sumber dan media pembelajaran, dalam kegiatan:
1)      Menyimak perkuliahan melalui ceramah
2)      Mengkaji berbagai sumber pembelajaran yang dianjurkan
3)      Diskusi

5.      EVALUASI
Untuk menentukan hasil perkuliahan setiap mahasiswa dilakukan melalui kegiatan sebagai berikut:
1)      Kehadiran
2)      Partisipasi mahasiswa dalam proses perkuliahan
3)      Laporan tugas kelompok
4)      Hasil UTS dan UAS

6.      Format Tugas
Tugas Kelompok : Membuat makalah dengan format :
a.       Kertas A4.
b.      Font Times New Roman ukuran 12 spasi 1,5.
c.       Margin top: 3 cm, bottom: 3 cm, left: 4 cm, dan right: 3 cm.
d.      Jumlah minimal 12 halaman.
e.       Sistematika isi makalah:
f.       Pendahuluan
g.      Pembahasan (Topik dan Sub Topik)
h.      Pembahasan (Sub Topik)
i.        Kesimpulan
j.        Daftar Pustaka

7.      Rincian Materi Perkuliahan Untuk Setiap Pertemuan


Pert-
ke
Kompetensi Dasar
Topik dan Sub-topik
Aktivitas Pembelajaran
1
M Mahasiswa memiliki kesamaan visi, misi dan persepsi tentang mata kuliah Filsafat Ilmu, baik secara konsep, prinsip maupun dalam pengaplikasiannya.
* Orientasi Perkuliahan
  • Maksud dan tujuan
  • Penjelasan topik-topik
  • Penjelasan sistem perkuliahan
  • Penjelasan umum pengalaman pembelajaran (perkuliahan)
Ceramah, tanya jawab, penugasan
2
M Mahasiswa dapat memahami ruang lingkup filsafat ilmu
*  Ruang Lingkup Filsafat Ilmu

  •  Ilmu sebagai Objek Kajian Filsafat
  •  Pengertian Filsafat Ilmu
  •  Tujuan Filsafat Ilmu
Ceramah, Tanya jawab, penugasan
3
M Mahasiswa dapat mendeskripsikan sejarah perkembangan ilmu
* Sejarah Perkembangan Ilmu

  •  Landasan Ilmu pada Zaman Yunani
  •  Perkembangan Ilmu dalam Islam
  •  Kemajuan Ilmu Zaman Renaisans dan Modern
  •  Kemajuan Ilmu Zaman Kontemporer
Ceramah, tanya jawab, penugasan
4
M Mahasiswa dapat memahami konsep hakikat pengetahuan
*    Hakikat Pengetahuan

  • Definisi dan Jenis Pengetahuan
  • Hakikat dan Sumber Pengetahuan
Presentase makalah, diskusi, tanya jawab
5
M Mahasiswa dapat memahami hakikat kebenaran ilmiah
* Kebenaran Ilmiah

  • Arti Kebenaran
  • Teori-Teori Kebenaran
  • Sifat Kebenaran Ilmiah
Presentase makalah, diskusi, tanya jawab
6
M Mahasiswa dapat mendekripsikan tentang ontologi
* Ontologi : Hakikat Ilmu
Presentase makalah, diskusi, tanya jawab
7
M Mahasiswa dapat mendeksripsikan tentang epistemologi
Epistemologi : Cara Mendapatkan
Pengetahuan
Presentase makalah, diskusi, tanya jawab
8
Ujian Tengah Semester
Ujian Tengah Semester

9
M Mahasiswa dapat mendeskripsikan tentang aksiologi
* Aksiologi : Nilai Kegunaan Ilmu
Presentase makalah, diskusi, tanya jawab
10
M Mahasiswa dapat memahami struktur ilmu pengetahuan
* Struktur Ilmu Pengetahuan

  • Metode Ilmiah
  • Teori
  • Hipotesis
  • Logika
  • Data-Informasi
  • Pembuktian
  • Evaluasi
  • Paradigma
Presentase makalah, diskusi, tanya jawab
11
M Mahasiswa dapat memahami konsep sarana ilmiah
* Sarana Ilmiah

  • Bahasa
  • Matematika
  • Statistik
  • Logika
Presentase makalah, diskusi, tanya jawab
12
M Mahasiswa dapat mendeskripsikan moralitas ilmu pengetahuan
* Moralitas Ilmu Pengetahuan

  • Tanggung Jawab Ilmuwan
  • Ilmu: Bebas Nilai atau Tidak?
  • Moralitas Ilmu Pengetahuan
Presentase makalah, diskusi, tanya jawab
13
M Mahasiswa dapat mendeksripsikan tentang tantangan dan masa depan ilmu
* Tantangan Dan Masa Depan Ilmu

  • Kemajuan Ilmu dan Krisis Kemanusiaan
  • Agama, Ilmu, dan Masa Depan Manusia
Presentase makalah, diskusi, tanya jawab
14
     Mahasiswa dapat menyimpulkan hakikat filsafat ilmu
*  Review perkuliahan
Presentase makalah, diskusi, tanya jawab, penugasan
15
Ujian Akhir Semester
Ujian Akhir Semester






8.      BIBLIOGRAFI

Amsal Bahtiar. Filsafat Ilmu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2004.
John Losee. A Historical Introduction to the Philosophy of Science, Fourth edition. New York: Oxford University Press Inc., 2001.
Jujun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2007.
Louis O. Katsoff. Pengantar Filsafat. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1992.
Mohammad Adib. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Peter S. Groff. Islamic Philosophy A—Z. Edinburg: Edinburg University Press, 2007.
Peter Machamer. The Blackwell Guide to the Philosophy of Science. Massachusetts: Blackwell Publishers Ltd, 2002.
Redja Mudyahardjo. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: Rosda, 2001.
Sahotra Sarkar. The Philosophy of Science, An Encyclopedia. New York: Routledge Taylor & Francis Group, 2006.
Seyyed Hossein Nasr. Islamic Philosophy From Its Origin To The Present. New York: State University of New York Press, 2006.
Stefano Gattei. Philosophy of Science. New York: Madison Ave, 2009.
The Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1991.
Tim Dosen Filsafat Ilmu. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 2007.
Zuhairini dkk. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.


Catatan:
Literatur tambahan yang dipersiapkan kemudian yang diambil dari beberapa buku lain yang relevan, jurnal, dan searching dari internet sesuai kebutuhan.

Pancor, 20 Februari 2016
Dosen Pengampu




Latif Sya’roni,S.Sy, M.H.I
NIS: 041 9602 151




Tidak ada komentar:

Posting Komentar