SILABUS DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN
(SAP) FILSAFAT ILMU
IAIH NW PANCOR
FAKULTAS SYARI’AH PRODI HUKUM EKONOMI
SYARI’AH (MUAMALAH)

1.
Identidikasi
Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah : Filsafat Ilmu
Kode MK : INS 012
Bobot SKS
:
2 (Dua) SKS
Semester
:
2 (Dua)
Kelompok Mata Kuliah : MK Pengembangan Kepribadian
Prodi
: Hukum Ekonomi Syari’ah
Dosen
: Latif Sya’roni, S.Sy,M.H.I
NIS : 041
9602 151
2. Tujuan Mata Kuliah
Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan para mahasiswa mampu
memahami dan memperluas wawasan tentang hakikat dan makna ilmu secara
filosofis.
3. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Filsafat Ilmu merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus
ditempuh oleh seluruh mahasiswa Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam.
Mata kuliah ini akan mengantarkan para mahasiswa untuk memahami ruang lingkup
filsafat ilmu, tantangan dan masa
depan ilmu, hakikat
pengetahuan, kebenaran ilmiah, ontologi : hakikat ilmu, epistemologi : cara
mendapatkan pengetahuan, aksiologi : nilai kegunaan ilmu, struktur ilmu
pengetahuan, sarana ilmiah, moralitas ilmu pengetahuan, dan sejarah perkembangan ilmu.
Perkuliahan dilakukan dengan menggunakan strategi ekspositori dan Inkuiri
dengan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Evaluasi keberhasilan
mahasisiwa ditentukan melalui kehadiran dan partisipasi dalam setiap
perkuliahan, ketepatan pengumpulan dan kualitas tugas, dan hasil UTS dan UAS.
4. Pendekatan Pembelajaran
Strategi perkuliahan dilakukan dengan menggunakan strategi ekspositori dan
Inquiry, dengan menggunakan multi metode, sumber dan media pembelajaran, dalam
kegiatan:
1) Menyimak
perkuliahan melalui ceramah
2) Mengkaji berbagai
sumber pembelajaran yang dianjurkan
3) Diskusi
5. EVALUASI
Untuk menentukan hasil perkuliahan setiap mahasiswa dilakukan melalui
kegiatan sebagai berikut:
1) Kehadiran
2) Partisipasi
mahasiswa dalam proses perkuliahan
3) Laporan tugas
kelompok
4) Hasil UTS dan UAS
6. Format Tugas
Tugas Kelompok :
Membuat makalah dengan format :
a. Kertas A4.
b. Font Times New
Roman ukuran 12 spasi 1,5.
c. Margin top:
3 cm, bottom: 3 cm, left: 4 cm, dan right: 3 cm.
d. Jumlah minimal 12
halaman.
e. Sistematika isi makalah:
f. Pendahuluan
g. Pembahasan (Topik
dan Sub Topik)
h. Pembahasan (Sub
Topik)
i.
Kesimpulan
j.
Daftar Pustaka
7. Rincian Materi Perkuliahan Untuk Setiap
Pertemuan
Pert-
ke
|
Kompetensi Dasar
|
Topik dan
Sub-topik
|
Aktivitas
Pembelajaran
|
1
|
M Mahasiswa memiliki kesamaan visi, misi dan persepsi tentang mata kuliah
Filsafat Ilmu, baik secara konsep, prinsip maupun dalam pengaplikasiannya.
|
* Orientasi Perkuliahan
|
Ceramah, tanya
jawab, penugasan
|
2
|
M Mahasiswa dapat memahami ruang lingkup filsafat ilmu
|
* Ruang Lingkup Filsafat Ilmu
|
Ceramah, Tanya jawab, penugasan
|
3
|
M Mahasiswa dapat mendeskripsikan sejarah perkembangan ilmu
|
* Sejarah Perkembangan Ilmu
|
Ceramah, tanya jawab,
penugasan
|
4
|
M Mahasiswa dapat memahami konsep hakikat pengetahuan
|
* Hakikat Pengetahuan
|
Presentase
makalah, diskusi, tanya jawab
|
5
|
M Mahasiswa dapat memahami hakikat kebenaran ilmiah
|
* Kebenaran Ilmiah
|
Presentase
makalah, diskusi, tanya jawab
|
6
|
M Mahasiswa dapat mendekripsikan tentang ontologi
|
* Ontologi : Hakikat Ilmu
|
Presentase
makalah, diskusi, tanya jawab
|
7
|
M Mahasiswa dapat mendeksripsikan tentang epistemologi
|
Epistemologi : Cara
Mendapatkan
Pengetahuan |
Presentase
makalah, diskusi, tanya jawab
|
8
|
Ujian Tengah
Semester
|
Ujian Tengah
Semester
|
|
9
|
M Mahasiswa dapat mendeskripsikan tentang aksiologi
|
* Aksiologi : Nilai Kegunaan Ilmu
|
Presentase
makalah, diskusi, tanya jawab
|
10
|
M Mahasiswa dapat memahami struktur ilmu pengetahuan
|
* Struktur Ilmu Pengetahuan
|
Presentase
makalah, diskusi, tanya jawab
|
11
|
M Mahasiswa dapat memahami konsep sarana ilmiah
|
* Sarana Ilmiah
|
Presentase
makalah, diskusi, tanya jawab
|
12
|
M Mahasiswa dapat mendeskripsikan moralitas ilmu pengetahuan
|
* Moralitas Ilmu Pengetahuan
|
Presentase
makalah, diskusi, tanya jawab
|
13
|
M Mahasiswa dapat mendeksripsikan tentang tantangan dan masa depan ilmu
|
* Tantangan Dan Masa Depan Ilmu
|
Presentase
makalah, diskusi, tanya jawab
|
14
|
Mahasiswa dapat menyimpulkan
hakikat filsafat ilmu
|
* Review perkuliahan
|
Presentase
makalah, diskusi, tanya jawab, penugasan
|
15
|
Ujian Akhir Semester
|
Ujian Akhir
Semester
|
|
8. BIBLIOGRAFI
Amsal
Bahtiar. Filsafat Ilmu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2004.
John
Losee. A Historical Introduction to the Philosophy of Science, Fourth
edition. New York: Oxford University Press Inc., 2001.
Jujun
S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta:
Pustaka Sinar Harapan, 2007.
Louis
O. Katsoff. Pengantar Filsafat. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1992.
Mohammad
Adib. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Peter
S. Groff. Islamic Philosophy A—Z. Edinburg: Edinburg University Press,
2007.
Peter
Machamer. The Blackwell Guide to the Philosophy of Science. Massachusetts:
Blackwell Publishers Ltd, 2002.
Redja
Mudyahardjo. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: Rosda, 2001.
Sahotra
Sarkar. The Philosophy of Science, An Encyclopedia. New York: Routledge
Taylor & Francis Group, 2006.
Seyyed
Hossein Nasr. Islamic Philosophy From Its Origin To The Present. New
York: State University of New York Press, 2006.
Stefano
Gattei. Philosophy of Science. New York: Madison Ave, 2009.
The
Liang Gie. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 1991.
Tim
Dosen Filsafat Ilmu. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberty, 2007.
Zuhairini
dkk. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Catatan:
Literatur
tambahan yang dipersiapkan kemudian yang diambil dari beberapa buku lain yang
relevan, jurnal, dan searching dari internet sesuai kebutuhan.
Pancor, 20 Februari
2016
Dosen Pengampu
Latif Sya’roni,S.Sy,
M.H.I
NIS:
041 9602 151
Tidak ada komentar:
Posting Komentar